Selasa, 12 November 2013

Al-qur’an dan Kitab-kitab Suci Lainnya yang Diturunkan oleh Allah SWT



Oleh : Bustomi

Assalamuallaikum Wr.Wb

Allah menurunkan wahyu-Nya kepada manusia melalui rosul-rosul-Nya yang tertulis dalam qitab-qitab-Nya yang berisi informasi-informasi aturan-aturan dan hukum- hukum dari allah bagi manusia dan kitab-kitab Allah itu menjadi pedoman hidup manusa agar hidup manusia itu teratur serta bahagia 
Kitab-kitab yang di turunkan allah kepada manusia telah di sesuaikan dengan tingkat perkembangan budaya manusia. Kitab-kitab terdahulu seperti Zabur, Taurat, dan Injil yang diturunkan allah untuk kelompok dan bangsa tertentu, sesuai dengan tingkat kecerdasan manusianya sendiri. Dari kitab-kitab ada persamaan dan ada perbedaannya.
Persamaan dan perbedaan kitab-kitab tersebut terlatak pada aspek aqidah. Yaitu adlah tauhid atau mengesakan Allah SWT antara agamanya. Aspek-aspek hukum atau syariat mengalami perkembangan dari satu kitab kekitab yang lain.dalam hal ini secara prinsipil itu sama. Tetapi perkataan dalam bahasa yang berbeda. Dalam al-qur’an  pemaparan dan prinsip tauhid di perbanyak dengan berbagai penjelasan dan bukti yang memberikan penjelasan yang jelas dan tepat, karna umat nabi Muhammad SAW telah mampu mengembangkan nalar dan argumentasi. Pada nabi-nabi terdahulu tidak demikian karena tingkat perkembangan dan pemikirannya belum membutuhkan.
Demikian yang ada dalam hukum Al-qur’an, aturan-aturan Allah SWT diungkapkan secara luas dan jelas. Kitab-kitab Allah sebelumnya telah hilang sekalipun dianggap ada mengalami perubahan dikarenakan  perkembangan waktu dan intervensi pemikiran manusia didalamnya.
Oleh karena itu allah menurunkan (Al-qur’an) untuk meluruskan kesalahan-kesalahan manusia dan menghapus kelayakan kitan-kitab sebelumnya dan menggantikannya dengan Al-qur’an. Kitab-kitab terdahulu hanya diimani sendiri tetapi keterpakaiannya sudah berakhirsejak (Al-qur’an) oleh Allah SWT sebagai firman Allah dalam (QS.Al-Maidah 5:3) yang berbunyi :

Pada hari ini aku sempurnakan untukmu agamamu  dan aku sempunakan untukmu nikmatku dan aku meridhoi islam sebagai agamaku (QS Al-Maidah 5:3)

Iman kepada kitab Allahbagi manusia dapat memberikan keyakinan sendiri yang kuat akan kebenaran jalan yang dipenuhinya. Jalan yang lurus yang ditempuh manusia telah diberitahhukan allah kedalam kitab suci manusia tidak dimiliki untuk melihat masa depan yang akan ditempuhnya setelah kehidupan ini berakhir, dengan pemberitahuan kitab-kitab suci manusia dapat mengatur hidupnya menyesuaikan dengan rencana allah sehingga memiliki harapan masa depan yang telah jelas. Itulah sebagai implementasi iman kepada kitab Allah yang membantu perilaku manusia dalam kehidupannya di dunia.
Wassalamuallaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar