Selasa, 12 November 2013

Tri Dharma Perguruan Tinggi

Oleh : Eko Nurcahyo

Pada kesempatan kali ini insyaallah saya ingin membuat Artikel tentang Tri dharma Perguruan Tinggi, Saya membuat Artikel ini kaerena mungkin masih banyak mahasiswa – mahasiswa yang belum mengetahui apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi padahal jika kita bisa  lihat Tri dharma Perguruan Tinggi  itu sangat perlu diketahui oleh Mahasiswa maupun masyarakat karena itulah landasan kita sebagai seorang mahasiswa yang harus bisa merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu, jadi disini saya ingin sedikit memberikan informasi tentang apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan suatu visi dan misi yang menjadi tujuan untuk seluruh perguruan tinggi diseluruh Indonesia baik itu perguruan tinggi negri maupun swasta.

  Tri dharma Perguruan Tinggi juga bisa dibilang salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama. serta harus disadari betul oleh para mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun isi dari Tri dharma Perguruan Tinggi adalah :


1.        Pendidikan dan Pengajaran


   Pengertian pendidikan dan pengajaran disini bisa diartikan sebagai pilar utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebab pendidikan dan pengajaran sangatlah penting bagi sebuah perguruan tinggi, mahasiswa dan pendidikan juga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sehingga ketika mahasiswa melakukan segala kegiatan dalam hidupnya, semua harus didasari pertimbangan dan pemikiran yang rasional, bukan hanya dengan adu otot.


2.        Penelitian dan Pengembangan


  Kegiatan penelitian dan pengembangan marupakan tahapan kedua setelah kita mendapatkan pendidikan dan pengajaran dibangku perkuliahan, penelitian dan pengajaran juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian maka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Ditahap ini mahasiswa juga bukan hanya mengembangkan diri mahasiswa itu sendiri, namun juga memberikan manfaat bagi memajukan peradaban dan mensejahterakan bangsa.


3.        Pengabdian pada masyarakat


  Setelah malewati tahap pendidikan dan penelitian, mahasiswa juga harus merealisasikannya dengan cara pengabdian kepada masyarakat, Pengabdian pada masyarakat ini harus diartikan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagai hasil dari berbagai penelitian, pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap pengabdian kepada masyarakat.

  Perlu di garis bawahi bahwa pengabdian terhadap masyarakat tidak hanya dalam bentuk KKM/KKN saja, karena itu merupakan bagian dari program syarat untuk menunjang kelulusan dalam perkuliahan dan memang program dari setiap kampus. Tetapi pengabdian terhadap masyarakat ini Mahasiswa di tuntut untuk turun langsung ke lapangan/masyarakat berikan sumbangsi ilmu-ilmu yang di dapat dari perkuliahan dan aplikasikan di lingkungan masyarakat, entah itu dalam bentuk apa saja yang pasti bisa bermanfaat untuk masyarakat, setelah melakukan ini semua baru bisa dikatakan Mahasiswa.

Jadi kesimpulannya ketiga faktor ini sangat erat hubunganya, karena ketiga faktor tersebut juga harus saling melengkapi agar Tri dharma Perguruan Tinggi itu sendiri bisa terealisasi dengan baik. Mahasiswa yang sudah dicap sebagai penerus bangsa seharusnya  tidak melupakan apa peran dan fungsi mahasiswa yang pada edisi kemarin sudah disinggung dan mahasiswa juga harus mengerti apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi agar seorang mahasiswa bisa disebut sebagai seorang mahasiswa yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar